21 Kuliner Makanan Khas Aceh yang Wajib Untuk Kamu Cicipi

Aceh tidak hanya terkenal karena satu-satunya wilayah di Indonesia yang menerapkan syariat islam dalam pemerintahannya. Provinsi yang terletak di paling barat Indonesia ini juga memiliki beragam budaya dan makanan khas aceh. Banyak sekali kuliner aceh yang layak untuk dicicipi ketika berkunjung ke Bumi Serambi Mekah ini. Berikut kuliner khas aceh terenak dan terlezat yang kami rekomendasikan untuk kamu pecinta kuliner nusantara.

Daftar Kuliner Makanan Khas Aceh Lengkap

Mie Aceh

mie aceh - makanan khas aceh

Masyarakat Indonesia tentu enggak asing dengan makanan mie. Mie Aceh adalah salah satunya, santapan yang unik dari Aceh, bisa kita cicipi dengan 2 cara, yakni dengan di goreng ataupun pula dengan kuah. Untuk permasalahan rasa pedas ataupun enggak itu bisa sesuai dengan selera kita masing- masing. Supaya enggak bosan, mie aceh bisa di sediakan dengan beberapa ragam lauk mulai dari seafood ataupun daging.

Sate Matang

Kalau kuliner khas aceh yang satu ini namanya Sate Matang, apakah terdapat sate yang enggak matang? Sate Matang ini merupakan makanan khas Aceh yang enaknya tiada tara. Seluruh kelezatan dalam sate ini berasal dari bumbu- bumbu yang telah dicampur ke dalam daging saat sebelum dibakar.

Nama sate ini sendiri sebenarnya diambil dari nama daerahnya, yakni Matang Bireun. Sate ini terbuat dari daging kambing ataupun daging sapi. Daging tersebut diungkep dengan menggunakan bumbu khas Aceh setelah itu dibakar hingga betul- betul matang serta siap buat Kamu nikmati.

Manisan Pala

Manisan pala ialah salah satu kategori hidangan khas aceh, serta jua menggambarkan santapan ringan yang terkategori dalam kelompok manisan buah- buahan. Untuk pembuatan manisan pala enggak membutuhkan alat yang susah serta pembuatannya lumayan gampang, oleh sebab itu usaha ini gampang dicoba oleh pengusaha baru.

Pembuatan manisan pala biasanya dicoba oleh pengusaha kecil di wilayah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan merupakan kabupaten penghasil pala terbanyak di Aceh malahan di Pulau Sumatera. Manisan pala ini termasuk ke dalam industri rumahan yang banyak ditemukan di Kabupaten Aceh Selatan. Tidak hanya diolah jadi manisan serta sirup, pala bisa dibikin pula jadi minyak pala yang bermanfaat besar buat menyembuhkan cedera. Apalagi saat ini kue serta kembang gula juga bisa terbuat dari buah pala.
Baca juga: Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U merupakan makanan khas aceh yang amat terkenal dengan kombinasi bermacam rasa serta kaya akan vit dan juga zat- zat yang dapat tingkatkan gairah serta imunitas badan.
Tidak hanya itu pula Kuah Pliek U pula menggambarkan santapan yang menggambarkan kekerabatan serta keanekaragaman dalam warga Aceh yang bisa disatukan dalam satu kuali, sampai- sampai mengasilkan rasa yang unik serta digemari oleh seluruh warga di dunia.
kuah pilek u khas aceh

Kuah Pliek U jua ialah media untuk memperkenalkan hasil alam Aceh yang begitu kaya akan jenis sayurnya sampai- sampai dengan memakan kuah Piek U berarti kita sudah menyantap segala sayur- mayur yang terdapat di Aceh. Masakan ini harus Anda coba, sebab berangkat ke Aceh tanpa memakan Kuah Pliek U, sama seperti belum berangkat ke Aceh. Masakan ini amat gampang didapatkan, 90 persen rumah makan di Aceh tentu menyediakan Kuah Pliek U.

Gulai Kambing

Terdapat rasa yang unik dan khas dalam Gulai Kambing khas Aceh, sebab di masak dengan bumbu asli khas Aceh. Gulai Kambing ini diolah dalam kuali besar serta dalam penyajianya senantiasa dalam kondisi panas, dengan daging kambing yang memiliki tekstur empuk dan tidak memiliki aroma khas kambing lagi.

Ayam Tangkap

Bahan utama untuk membikin kuliner khas Aceh yang berikut ini sesungguhnya amat gampang. Ya, Kamu cuma butuh sediakan satu ekor ayam aja( jika dapat ayam kampung). Setelah itu, ayam ini diberi bumbu spesial. Sehabis matang, baru warnanya akan terlihat coklat keemasan.

Kerennya, sistem penyajian kuliner ayam tangkap ini terbilang lumayan unik. Satu ekor ayam yang telah dimasak itu bakal dipotong kecil- kecil. Yang membikin nampak unik, potongan ayam wajib berukuran kecil. Potongan ayam kecil-kecil ini nantinya akan disajikan dengan cara ditutupi dengan menggunakan daun temuru.

Pisang Sale

Pisang sale merupakan makanan khas Aceh, proses pembuatannya ialah pisang yang telah matang di kupas kulitnya kemudian dijemur di bawah terik matahari, sehabis itu dilakukan penyaleaan/ pengasapan akibatnya pisang sale menjadi lebih tahan lama, selanjutnya dibalurkan/ dilumuri dengan gula tebu( bukan gula pasir), pisang sale memiliki aroma serta rasa yang khas.

Rupanya yang kecoklat- coklatan, agak mengkilat sedikit membikin kita mau mencicipinya. Pisang sale menggambarkan santapan ringan warga Aceh semenjak era indatu dahulu, yang telah jadi buah tangan atau oleh-oleh khas dari Aceh. Pisang sale dapat langsung dimakan ataupun digoreng dengan tepung terlebih dulu.
Baca juga: Makanan Khas Yogyakarta

Rujak Aceh

Kamu pasti tidak asing lagi dengan rujak. Kudapan sehat itu dibuat dari aneka buah fresh yang kemudian dicocol dengan sambal gula merah yang menggoda. Tetapi, pernahkah Kamu mencoba rujak Aceh? Berbeda dengan rujak yang biasa kita temui, rujak Aceh ini mempunyai karakteristik khas tertentu yang membuat rasanya unik dan berbeda dari rujak pada biasanya. Yang membikin rujak Aceh berbeda merupakan buah yang digunakan.

Rujak Aceh memakai buah rumbia khas Aceh. Buah yang daunnya dipakai buat membikin atap rumah ini diserut berbarengan dengan buah- buahan yang lain. Rujak Aceh telah jadi santapan tradisional di wilayah ini semenjak lama. Santapan ini nikmat dimakan dalam kondisi dingin ataupun dicampur dengan es serut dengan siraman saus rujak serta dinikmati di waktu siang hari yang terik.

Kuah Sie Itek

kuah sie itek kuliner khas aceh

Masakan berikutnya merupakan masakan dari itik ataupun bebek, tetapi sistem mengolahnya dengan sistem yang berbeda serta formula yang diwariskan secara turun- temurun dari pendahulu ataupun leluhur warga Aceh. Apalagi sampai saat ini banyak restoran yang menyajikan santapan satu ini.

Kuah Masam Keu- eung

Jika Kamu sempat makan Garang Asem dari Surabaya, pasti aja Kamu tentu bakal menyukai Kuah Masam Keu- eung. Cita rasa santapan ini merupakan manis, asin, asam, serta pedas, namun cita rasa yang sangat kokoh di lidah merupakan asam serta pedas. Lauk utama yang ada di dalam Kuah Masam Keu- eung ini merupakan ikan. Sedangkan kuahnya yang asam pedas akan melenyapkan rasa serta bau amis ikan di dalamnya. Kuah Masam Keu- eung ini dapat dinikmati begitu aja ataupun dimakan berbarengan dengan nasi putih.

Lepat

Lepat, santapan ini terbuat dari tepung ketan yang dalamnya diisi dengan menggunakan gula merah sampai kalis, setelah itu di bungkus dengan memakai daun pisang serta di bagian tengahnya dikasih kelapa parut yang sudah di gongseng dengan gula yang di sebut dengan inti kemudian di kukus sampai matang. Lepat spesial di sediakan pada hari- hari tertentu oleh warga Gayo paling utama menjelang puasa( megang) serta lebaran, santapan ini tahan lama bila di asapi mampu bertahan hingga 2 minggu.

Martabak Aceh

Martabak ini merupakan makanan khas Aceh yang berbeda dengan martabak yang biasa kita tahu. Gimana dengan cita rasa martabak satu ini? Martabaknya pasti berbeda rasanya dengan martabak yang biasa kita makan.

Dengan olahan dasar roti Cane, Sebaliknya martabaknya justru sepintas mirip dengan tampilan telor dadar biasa, tetapi kala dimakan baru terasa perbedaannya di lidah. Martabak ini memakai roti cane sebagai" kulitnya", serta dengan rasa yang gurih dan sedikit pedas, martabak aceh ini lezat buat dimakan sebagai kemilan serta Amat dianjurkan disantap bersama dengan Coffee.

Ungkot Kemamah

ungkot kemamah khas aceh

Ungkot Kemamah merupakan masakan khas Aceh dengan rasa yang khasa dan menantang. Olahan bakunya merupakan ikan tuna yang dikeringkan serta setelah itu dicincang. Ikan kemamah ini dapat diolah dengan bahan masakan semacam santan kelapa, cabai hijau, kantang serta olahan masakan yang lainya. Semenjak era perang melawan Belanda dahulu, Ungkot Kemamah ialah masakan yang telah populer sebab cara memasak yang berbeda.

Kue Timphan

Santapan yang berasal dari Aceh enggak seluruhnya hidangan berat. Kue timphan merupakan salah satu santapan khas lezat dari Aceh yang harus dicoba. Olahan utama buat membikin kue timphan merupakan tepung ketan. Setelah itu, buat membikin rasa kue semakin menarik maka ditambahkan irisan buah nangka serta pisang.

Kue yang dibungkus menggunakan daun pisang ini menggambarkan hidangan harus yang disajikan disaat lebaran. Kue unik khas daerah aceh ini dapat ditemui dengan gampang di orang dagang kue tradisional. Jadi, Kamu enggak butuh repot- repot membikin kue ini seorang diri.

Bohromrom

Bohromrom ataupun diketahui pula dengan nama kue boh duek beudeh, kue ini dibuat dari tepung ketan yang dilumuri dengan parutan kelapa. Cara buatnya amat gampang. Gabungkan tepung ketan, garam serta air panas. Aduk sampai rata. Tuang air dingin, aduk sampai adonan kalis. Ambil satu sendok teh adonan, lalu isi dengan bahan isian yaitu gula jawa. Bulatkan serta panaskan air berbarengan dengan daun pandan sampai mendidih. Masukkan adonan, angkat, gulingkan diatas kelapa parut kemudian sajikan.
Baca juga: Daftar Kuliner Kambing Khas Indonesia

Kue Adee

Kue tradisional sejenis bingkang manis ini, cuma dapat ditemui di Aceh, spesialnya di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Namanya juga tidak sulit buat dilafal, ialah Adee. Adee menggambarkan tipe kue bertekstur lembut, legit, serta manisnya berasal dari gula asli. Sekilas kue ini mirip dengan bingkang. Adee dapat jadi paduan lezat dikala menyeruput segelas kopi ataupun teh. Pula dapat jadi hidangan istimewa buat menjamu tamu. Ataupun juga sebagai oleh- oleh buat sahabat serta saudara di luar kota.

Kembang Loyang

Kembang Loyang merupakan makanan khas Aceh Tamiang, olahan utama pembuatan Kembang Loyang merupakan tepung ropi dicampur dengan gula, telur serta santan kelapa. Kembang Loyang kerap hadir dalam kegiatan hajatan serta hari- hari besar warga Aceh.

Meuseukat

meuseukat kue khas aceh

Meuseukat ini menggambarkan salah satu kue tradisional khas aceh alias semacam dodol nanas dari aceh. Meuseukat dibuat dari tepung terigu serta kombinasi buah nanas, perpaduan yang unik dengan cita rasa yang khas. Meuseukat amat langka ditemui dipasar- pasar tradisional serta terkadang wajib dipesan terlebih dulu. Bila tadinya meuseukat kerap dibawa pada kegiatan pernikahan aceh, saat ini meuseukat bisa pula diperuntukan sebagai oleh- oleh bila berkunjung ke aceh.

Jadah Lemang

Makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa gurih, dibuat dari beras ketan dicampur dengan kelapa berbumbu garam. Rasa gurih yang menggugah selera amat sesuai apabila disantap dengan rendang jadi hidangan wajib pada saat hari raya idul adha.

Kue Bhoi

Kue Bhoi merupakan makanan khas Aceh Besar yang diketahui luas oleh warga Aceh. Wujud kue ini amat bermacam- macam, seperti: wujud ikan, bintang, bunga, serta lain- lain. Kue Bhoi ini bisa dijadikan salah satu buah tangan pada saat hendak berkunjung ke sanak kerabat ataupun orang sebelah yang mengadakan hajatan ataupun acara, semacam sunatan serta kelahiran.

Kue Bhoi sendiri umumnya diperoleh dari penjual jajanan di pasar- pasar tradisional maupun dipesan langsung pada pembuatnya. Proses pembuatan kue Bhoi ini juga terkategori sedikit rumit. Alasannya, enggak seluruh orang dapat membikin kuliner ini serta diperlukan kesabaran dan keuletan.

Bubur Kanji Rumbi

bubur kanji rumbi aceh

Terdapat santapan khas Aceh yang sesuai sekali dihidangkan pada saat bulan ramadhan adalah Bubur Kanji Rumbi. Terbuat dari beras yang ditumbuk kasar serta direbus, dilengkapi dengan bumbu- bumbu rahasia warga Aceh, menjadikan Bubur Kanji Rumbi merupakan top list yang wajib ada di bulan ramadhan.

Demikianlah daftar kuliner terenak yang ada di Aceh. Jadi kalo kamu lagi pergi atau liburan kesana, jangan lupa untuk mencoba makanan khas aceh di atas ya. Tunggu informasi mengenai makanan-makanan khas dari daerah-daerah di Indonesia lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

7 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Jasa Aqiqah Ciputat Tangerang Murah