9 Makanan Unik Khas Yogyakarta yang Harus Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Jogja juga memiliki segudang kuliner enak yang sangat layak untuk kita coba. Entahlah penulis sendiri lebih nyaman menyebutnya Jogja ketimbang Yogyakarta. Apapun sebutannya yang pasti kota satu ini merupakan surga kuliner. Ada banyak sekali makanan-makanan enak dan murah yang bisa kita cicipi disini. Berikut makanan khas Yogyakarta yang bisa kamu coba jika sedang berkunjung atau liburan ke kota ini.

Makanan Unik Khas Jogja

makanan unik enak khas yogyakarta

Tiwul

Bahan utama pada tiwul merupakan singkong yang telah dijemur hingga kering ataupun biasa disebut gaplek. Gaplek setelah itu ditumbuk halus serta dikukus hingga matang. Dulu, tiwul pernah jadi santapan pokok warga disebabkan karena harga beras yang terlalu mahal sampai- sampai tidak sanggup dibeli warga. Oleh karna itu, untuk penuhi kebutuhan perut, pada masa lalu penduduk Indonesia, spesialnya di daerah Yogyakarta menukar nasi dengan tiwul untuk dimakan berbarengan dengan lauk pauk serta sayur- mayur.

Bakpia

Bakpia merupakan makanan khas Yogyakarta yang sangat banyak dicari selaku oleh- oleh. Bila Kamu datang ke kota jogja ini serta kepingin bawa buah tangan buat keluarga ataupun teman, bakpia merupakan makanan yang pas. Kita bisa mendapatkan bakpia di segala penjuru kota Jogja.

Yangko

Ini dia kue mochi ala Yogyakarta. Yangko memanglah mirip banget dengan kue moci, makanan yang dibuat dari tepung beras ketan ini mempunyai tekstur yang kenyal, di dalamnya berisi kacang cincang serta rasanya manis legit mirip sekali dengan kue moci. Yangko mempunyai tampilan yang amat menarik, dengan wujud kotak serta warna- warni terang dan taburan tepung. Satu kotak yangko biasanya berisi kurang lebih 30 buah dengan rasa yang bermacam- macam.

Geplak

Yogyakarta memanglah populer dengan makanan khas yang memiliki citarasa manis, termasuk buat camilannya. Salah satu yang pantas Kamu coba sekalian dapat diperuntukan sebagai oleh- oleh yaitu geplak. Geplak dibuat dari daging kelapa yang diiris tipis serta diolah dengan campuran gula. Disaat ini, geplak sudah dimodifikasi sampai- sampai ada dalam bermacam varian rasa serta corak terang menggoda. Geplak sangat identik dengan rasanya yang amat manis, apalagi kalau Kamu minum teh manis sehabis memakan geplak, maka teh yang Kamu minum bakal terasa tawar.
Baca juga: Manfaat Daging Kambing Bagi Tubuh

Bakmi Jawa

Bakmi jawa cumalah penamaan buat kuliner berbentuk bakmi yang disajikan berbarengan macam berbagai olahan ekstra yang enggak biasa ditemui pada olahan bakmi yang ada di tempat lain. Bakmi jawa pula memiliki ukuran yang lebih besar daripada mie yang digunakan pada bakmi umumnya. Di dalam 1 mangkuk bakmi jawa umumnya disajikan dengan irisan kembang kol serta daging ayam dengan potongan besar- besar. Tidak hanya itu pula ada bonus bawang goreng buat menciptakan aroma yang lebih nikmat. Bakmi jawa biasanya diolah dengan tata cara tradisional, yaitu memakai arang.

Gatot

Gatot merupakan makanan khas Jogja yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Gatot pula dibuat dari singkong. Santapan ini umumnya dipadukan dengan tiwul. Warnanya gelap ataupun coklat serta berasa manis. Teksturnya kenyal serta aromanya amat khas.
Baca juga: Jasa Aqiqah Ciputat

Belalang Goreng

Indonesia enggak cuma populer dengan makanan- makanan lezat, namun pula unik. Bila di Papua terdapat santapan unik dan ekstrim berbentuk sate ulat sagu, di Yogyakarta jua ada santapan yang tidak kalah uniknya, ialah belalang goreng. Belalang goreng merupakan santapan khas Gunung Kidul, Yogyakarta. Belalang yang diseleksi buat digoreng merupakan belalang kayu yang gampang dijumpai di wilayah Gunung Kidul. Umumnya belalang kayu hinggap di dahan tumbuhan jati ataupun semak- semak.

Cethil

Cethil dibuat dari tepung sagu. Santapan khas Yogyakarta ini dimasak serta dicampur dengan bermacam warna. Pada bagian luarnya cethil ditaburi parutan kelapa sampai- sampai rasanya semakin lezat. Enggak afdol rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi cethil.
Baca juga: Kuliner Kambing Khas Indonesia

Sate Klatak

Sate klatak dianggap sebagai hidangan khas Jogja yang unik sebab memakai jari- jari roda sepeda buat tusukannya. Tujuan pemakaian barang tersebut sebagai tusuk sate karna besi dapat sebagai penghantar panas yang baik akibatnya dikala proses pembakaran bagian dalam daging pula dapat matang sempurna. Ada pula keunikan yang lain dari sate klatak yaitu bumbu yang dipakai. Bila sate daging biasanya dibumbui dengan berbagai macam rempah, sate klatak cuma diberi garam serta sedikit ketumbar. Sate klatak umumnya disajikan berbarengan nasi, kuah gulai ataupun kecap, serta potongan cabai rawit.

Masih ada banyak sekali makanan khas yogyakarta, namun ke-9 makanan di atas pastinya sudah akan membuat perutmu kekenyangan. Jadi kalo kamu lagi liburan ke jogja pastikan untuk mencicipi semua hidangan khas jogja di atas. Kamu juga bisa berbagi pengalamanmu mengenai makanan khas jogja apa saja yang sudah pernah kamu cicipi di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

21 Kuliner Makanan Khas Aceh yang Wajib Untuk Kamu Cicipi

7 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Jasa Aqiqah Ciputat Tangerang Murah