26 Daftar Makanan Khas Solo | Kuliner Nikmat Khas Surakarta

Kota Solo tidak hanya terkenal karena keramahtamahannya saja, namun kota ini juga memiliki banyak sekali kuliner lezat. Untuk kamu pecinta kuliner harus sekali untuk mencoba berbagai makanan khas solo yang unik dan memiliki cita rasa yang memanjakan lidah. Selain itu, kuliner-kuliner di Solo juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Sehingga tidak akan menguras kantong para traveller. Apa saja daftar kuliner khas solo terlezat? berikut list-nya.

Daftar Makanan Kuliner Khas Solo Terlengkap

Bakso Solo

bakso solo makanan khas solo

Siapa sih yang tidak tahu bakso Solo? Santapan lezat dari Solo ini dibuat dari olahan utama yaitu daging sapi giling yang dibentuk jadi bulatan, setelah itu dipadukan dengan kuah kaldu yang enak. Bukan cuma di Solo, santapan khas Solo ini pula banyak ditemui di bermacam kota yang lain.

Nasi Liwet

Santapan khas Solo yang mula- mula merupakan Nasi Liwet. Santapan satu ini amat populer, sekilas nampak sama seperti nasi pada biasanya, yang membikin istimewa hidangan ini ialah nasinya yang amat gurih karena dimasak menggunakan santan. Teman, jikalau Kamu mau mencicipi makanan khas solo ini silahkan mampir ke wilayah Solo, umumnya seporsi nasi ini ataupun nasi liwet ini dihargai mulai dari Rp8. 000 sangat murahkan sahabat. Silakan datang ke solo buat mencicipinya.

Serabi Notosuman

Serabi merupakan semacam kue pancake yang adonannya berasal dari tepung beras, santan, gula, garam, serta daun pandan selaku pewangi. Teksturnya kenyal tetapi senantiasa lembut, serta rasanya amat legit. Berbeda dengan kue serabi ataupun surabi di wilayah lain, serabi makanan khas Solo ataupun serabi Notosuman dihidangkan tanpa tambahan kuah manis serta wujudnya lebih tipis akibatnya rasa santannya amat dominan. Dipastikan, kamu bakal ketagihan! Disebut dengan Serabi Notosuman sebab santapan khas Solo ini tumbuh dengan pesat di wilayah Notosuman semenjak tahun 1926. 

Terdapat banyak penjual serabi yang meningkatkan usaha awal mulanya di wilayah Notosuman, sampai- sampai nama ini juga diadopsi jadi nama makanan khas Solo. Pembuatan serabi ini pula amat simpel, proses pembuatan serabinya masih tradisional. Resep membikin serabi ini lumayan gampang cuma memakai tepung beras serta santan yang diaduk jadi adonan serabi. Oleh sebab itu serabi notosuman ini cuma dapat tahan sepanjang 24 jam sebab serabi ini enggak mengenakan bahan pengawet oleh karena itu lebih lezat disantap selagi hangat.

Selat Solo

Jangan sampai kalian kulineran di Solo tetapi melupakan santapan khas Solo yang satu ini? Selat Solo merupakan kuliner bistik khas Jawa yang disajikan dengan berbagai ragam sayur- mayur. Olahan utamanya seorang diri merupakan daging sapi has luar serta kuah manis yang encer. Selat Solo merupakan salah satu santapan khas Solo yang sangat populer, apalagi sampai dihidangkan kepada Raja Salman dikala berkunjung ke Indonesia. Selat Solo terdiri dari irisan daging semacam steak, telur, potongan buncis, wortel, serta kentang yang ditambah dengan kuah semur. 

Kata“ selat” disinyalir menggambarkan lafal Jawa dari kata“ slaatje” ialah bahasa Belanda dari“ salad”. Alkisah, di era penjajahan Belanda, masyarakat pribumi Solo yang hidup pada masa itu tertarik dengan santapan“ salad” masyarakat kulit putih. Berhubung lidah masyarakat pribumi Solo merupakan lidah Jawa yang dapat jadi kurang cocok dengan rasa salad Belanda, walhasil dirombaklah“ salad” Belanda itu jadi makanan yang saat ini diketahui dengan nama Selat Solo ini.

Rambak Petis

Berbeda dengan serabi, rambak ialah masakan khas Solo yang lumayan ringan, tahan lama serta amat sesuai diperuntukan oleh- oleh. Rasanya yang asin, gurih serta renyah sehingga banyak disukai. Keunikan dari rambak dibuat dari kulit kerbau ataupun sapi yang dikeringkan, setelah itu digoreng. Rambak biasanya disajikan dengan bumbu petis yang pedas. Dapat memperoleh dalam bentuk kemasan kecil sampai besar disesuaikan dengan budget kamu.

Soto Kwali

soto kwali khas solo

Indonesia memanglah memiliki banyak tipe kuliner soto yang populer di bermacam wilayah. Salah satu soto di Indonesia yang memiliki banyak penggemar merupakan soto kwali khas Solo. Kwali merupakan wadah tradisional yang dibuat dari tanah liat. Soto yang dimasak di dalam kwali bakal mempunyai aroma yang khas serta pastinya perihal tersebut menaikkan kelezatan soto disaat dimakan.
Baca juga: Makanan Khas Aceh

Tengkleng

Makanan khas Solo yang selanjutnya merupakan tengkleng. santapan ini menggambarkan Santapan khas Solo yang disajikan pada malam hari cocok untuk menemani makan malam Kamu, pastinya amat lezat sekali. Santapan ini umumnya berbahan utama daging kambing serta daging ayam yang diberi bumbu mirip dengan gulai kambing. teman umumnya kuahnya ini agak encer serta penyajiannya juga amat unik sekali, sebab antara tulang serta daging disajikan dalam satu wadah yang menarik. Silakan Kamu berkunjung di kota Solo Raya bila mau menikmatinya.

Timlo Solo

Timlo Sastro berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas Solo, dan telur pindang khas kedai timlo itu. Sosis goreng Solo ini tidaklah sosis yang dibuat dari daging sapi pada biasanya melainkan dari kulit lumpia ataupun risoles yang dilipat semacam martabak serta digoreng. Di dalam lipatan adonan itu diisi daging ayam bagian dada yang disuwir-suwir. Berikutnya, gorengan sosis itu dihidangkan dalam potongan- potongan kecil. Sosis inilah yang membedakan santapan khas Solo ini dengan santapan berkuah yang lain semacam soto serta sup.

Ampyang

Kemilan yang terbuat dari gula merah serta kacang tanah amat sesuai diperuntukan sebagai oleh- oleh. Rasanya menyamai gula- gula namun memiliki aroma jahe yang menyegarkan. Karakteristik khas cetakannya berupa bundar dengan kacang tanah yang menyembul. Buat menemukan penjual ampyang di kota Solo amat gampang serta biayanya pula relatif murah loh.

Tahu Kupat

Kuliner yang juga harus kamu coba ketika di Solo adalah kupat tahu. Makanan khas Solo yang lezat ini terdiri dari ketupat serta tahu putih goreng yang diiris- iris. Tidak hanya itu, santapan ini pula dilengkapi dengan kol, toge, mie, serta kuah kecap yang manis.
Baca juga: Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Wedangan

wedangan khas solo

Kuliner ini amat sesuai apabila dimakan dikala Kamu tidur sampai larut malam sama sahabat Kamu. Buat perkara tempat santapan seperti angkringan ini bakal memuaskan rasa penasaran Kamu. Dengan bermacam- macam sajian dengan harga yang amat amat murah, mulai dari sate kikil, telur kerang, puyuh, ati ampela, serta aneka macam berbagai gorengan, baceman dan bermacam- macam tipe minuman yang amat lezat sekali, Bila Kamu penasaran silakan liburan di Kota Solo Raya.

Soto Gading

Soto Gading merupakan nama salah satu tempat makanan soto khas Solo yang harus kamu kunjungi. Soto yang ada disini merupakan soto ayam dengan kaldu kental yang lezat, sampai- sampai dipastikan rasanya bakal memanjakan lidah kamu. Keunikan lainnya dari soto ini merupakan tempatnya yang ialah langganan para Presiden Indonesia.

Sembari menyantap soto, kamu juga dapat menikmati aneka lauk yang enggak kalah menggoda, semacam tempe, ketahui, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin, aneka jeroan, serta yang lain. Buat minuman terdapat teh rasa ginaste( legi/ manis, panas, kental) khas Solo disajikan dengan gelas rumahan amat cocok disajikan berbarengan soto.

Intip

Intip merupakan makanan khas solo yang berbahan dasar nasi yang dikeringkan kemudian digoreng ke dalam minyak panas. Buat memperoleh hasil yang unik, umumya dicetak serta disiram dengan bonus rasa. Intip ada 2 rasa, asin serta manis. Intip tersebar di pusat oleh- oleh Solo.

Gudeg Ceker

Santapan khas Solo berikutnya yang tidak boleh kalian lewati merupakan gudeg ceker. Ceker alias cakar ayam merupakan olahan utama dalam pembuatan menu kuliner tradisional ini. Gudeng ceker amat lezat dikala dimakan dengan nasi gurih, sambal krecek, serta sedikit kuah kaldu.

Pecel

Santapan ini merupakan santapan tradisional yang dapat Kamu temui di berbagai tempat di kota Solo. Santapan ini menggambarkan sajian santapan yang amat lezat yang terdiri dari bermacam- macam sayur- mayur, semacam kenikir, ayam, kacang panjang, bayam serta lain- lain apalagi jantung pisang yang disiram dengan saus sambal kacang. lezat sekali ya teman, silahkan teman bila mau merasakan silakan berkunjung di kota Solo.

Roti Kecik Ganep

Roti khas Solo yang memakai olahan utama tepung ketan. Mempunyai rasa manis serta gurih. Dapat disajikan dengan segelas kopi ataupun teh hangat. Sebaliknya buat dimensi serta biayanya dapat disesuaikan dengan peminatnya.

Sate Buntel

Solo pula memiliki kuliner sate yang tidak kalah lezatnya, lho. Kuliner ini bernama sate buntel. Sate khas Solo merupakan kuliner dari daging kambing cincang. Buat membentuk sate jadi lebih padat, terdapat susunan lemak tipis di penggalan luar yang pula memperkaya rasa sate ini.

Sate Kere

sate kere solo

Sate kere ini ialah Santapan khas Solo yang bukan berarti miskin ya? dinamakan sate kere karena dijual dengan harga yang amat murah. Teman, mau tahu Dibuat dari apakah sate kere itu, sate kere dibuat dari Potongan tempe gembus yang ditusuk dengan tusuk sate setelah itu dibakar diatas Arang saat sebelum disajikan umumnya sate kere ini sudah disiram dengan bumbu bacem yang amat lezat. penasaran sahabat silahkan langsung aja berkunjung di kota Solo Raya.

Brem Solo

Brem ialah makanan khas Solo yang lumayan terkenal, enggak jarang diperuntukan oleh- oleh. Karakteristik khas dari Brem Solo yaitu wujudnya yang bundar serta padat. Walaupun sama- sama dibuat dari peragian tape, dengan citarasa asam tapi Brem Solo lebih unggul. Kamu bisa menghadiri pusat oleh- oleh buat mendapatkanya. Ada dalam kemasan kecil sampai besar dengan harga yang ramah dikantong.

Sosis Solo

Makanan khas Solo yang selanjutnya merupakan sosis solo. Santapan ini merupakan santapan ringan khas asli Solo yang dibuat dari daging sapi ataupun daging ayam yang digiling setelah itu dibungkus dengan telur dadar. Umumnya santapan ini mempunyai 2 tipe sosis solo ialah sosis solo basah yang dikukus serta sosis solo kering yang digoreng. Dimana keduanya sama- sama mempunyai rasa khas tertentu lezat gurih serta lezat. Pastinya serta sesuai sekali diperuntukan santapan suguhan pada Tamu Kamu yang tiba ke rumah. Bila Kamu mau mencicipi silakan berkunjung ke situ buat merasakan gimana sensasi santapan ini.

Klengkam

Klengkam merupakan kering kentang yang bercampur dengan bumbu bumbu pedas dapat jadi opsi oleh- oleh. Selain karna dapat tahan lama diperjalanan, klengkam amat unik buat dihadiahkan untuk sahabat serta kerabat. Kering kentang dapat diperuntukan lauk ataupun kemilan yang nikmat serta mantap.

Sup Matahari

Santapan khas Solo yang berikutnya merupakan sup matahari. santapan ini menggambarkan Santapan khas Solo yang amat populer, sup matahari ini berisi galantin ayam yang umumnya dicampur dengan bermacam berbagai jamur, dan wortel setelah itu dibungkus telur dadar. Setelah itu sup matahari Disajikan di piring dengan kuah panas, mendadak bungkus telur tadi bakal terbuka dengan sendirinya mekar semacam bunga matahari, Kamu penasaran? Silahkan datang ke solo.

Bakpia Balong

Enggak cuma di Jogja, Bakpia Balong menggambarkan santapan khas Solo yang harus dicoba. Mempunyai varian rasa yang unik semacam ketan, kacang gelap serta cokelat. Bakpia Balong mempunyai dimensi yang lebih besar dibanding bapia pada biasanya. Teksturnya sangat lembut terlebih lagi berpadu dengan isian didalamnya.

Torpedo Yu Rebi

Namanya bisa jadi terdengar ekstrem ya, tetapi santapan ini bukan senjata makan ini dari jeroan sapi ataupun kambing yang amat amat baik buat laki- laki dewasa. Untuk Kamu yang mau mencoba jangan ragu- ragu buat membelinya sebab Dipastikan Rasanya amat lezat sekali serta warung yang sediakan tropedo ini pula amat banyak di Solo. Jadi bila berkunjung di kota Solo jangan lupa buat membelinya.

Balung Kethek

balung kethek solo

Santapan khas Solo yang ini merupakan Balung kethek. Dalam bahasa Jawa balung kethek ini merupakan tulang monyet tetapi bila dilihat dari bentuknya balung ini mirip sekali dengan keripik singkong yang dibumbui dengan balado, cuma aja teksturnya itu lebih tebal serta Rasanya juga pula amat berbeda dengan kripik singkong.

Lenjongan

Makanan khas Solo yang terakhir merupakan Lenjongan. Santapan ini lebih ke tradisional sebab santapan ini terdiri dari bermacam masakan yang terdapat di pasar, contohnya Gadis yang terdapat parutan kambil, ketan gelap, cenil, tiwul, serta yang tentu terdapat klepon. Santapan ini dibungkus dengan daun pisang sebab supaya lebih kas serta rasa daun pisang itu membuat makanan menjadi lebih lezat bila dinikmati. 

Demikianlah daftar kuliner terenak yang ada di Kota Solo. Jadi kalo kamu lag liburan atau mampir di kota ini jangan lupa untuk mencoba daftar makanan khas solo di atas ya. Kamu juga bisa melihat daftar makanan khas yogyakarta yang telah kami tulis sebelumnya.

Comments

Popular posts from this blog

21 Kuliner Makanan Khas Aceh yang Wajib Untuk Kamu Cicipi

7 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Jasa Aqiqah Ciputat Tangerang Murah